top of page

25 Januari 2022

Ketahui Tarif Baru Pajak Penghasilan Orang Pribadi!

Reporter:

Gabriel Muara Thobias

Person using a calculator. Photo by Towfiq Barbhuiya on Unsplash

Melalui UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, Pemerintah berupaya menciptakan sistem perpajakan yang berkeadilan. Hal tersebut salah satunya diimplementasikan dengan perubahan lapisan tarif Pajak Penghasilan Orang Pribadi yang dikenakan tarif 5%. Pada UU PPh, penghasilan kena pajak yang dikenakan tarif 5% adalah penghasilan sampai dengan Rp50 Juta. Pada UU HPP, penghasilan yang dikenakan tarif 5% adalah penghasilan sampai dengan Rp60 Juta. Untuk penghasilan sebesar Rp500 Juta sampai Rp5 Miliar, dikenakan tarif 30%, sedangkan jika penghasilan melebihi Rp5 Miliar akan dikenakan tarif sebesar 35%. Hal tersebut dilakukan pemerintah sebagai upaya memperluas basis pajak, khususnya pajak dari penghasilan orang-orang “super kaya”. Dalam menentukan pajak terutang, penghasilan kena pajak dihitung berdasarkan penghasilan neto dikurangi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Dalam UU HPP, tidak terdapat perubahan PTKP untuk orang pribadi, sehingga saat ini PTKP tetap sebesar Rp54 Juta dan tambahan Rp4,5 Juta untuk yang menikah dan memiliki tanggungan.

Lihat berita lainnya

DJP Gunakan dan Kembangkan 2 Model AI untuk Tindak Pidana Pajak
Pemerintah Arahkan DJP Beri Percepatan Restitusi Pajak Bagi WP Padat Karya dan UMKM
Pemerintah Targetkan 13 Juta Pekerja Nikmati PPh Pasal 21 DTP Pada 2027

Langganan newsletter kami sekarang

Terima kasih telah berlangganan!

2026 - ITR World Tax Rankings.png

© 2025 MIB 

MIB adalah grup profesional bersertifikat dan terdaftar di Indonesia, di mana setiap anggota memiliki keahlian yang unik. Setiap anggota bersifat independen, mematuhi standar kami, dan bertanggung jawab atas pekerjaan dan layanan yang diberikan kepada klien.

bottom of page